Searching...

Jumat, 16 Oktober 2009

MULTIMEDIA DATABASE

MULTIMEDIA DATABASE

A. PENGERTIAN MULTIMEDIA DATABASE
Multimedia Database merupakan salah satu bentuk database yang berisi kumpulan data multimedia (lebih dari satu media). Multimedia sendiri terdiri dari dua type,yaitu static dan dynamic media.
  • Static media : Text, Graphic, Image
  • Dynamic media : Animation, Music, Video, Audio
Lalu dari pengertian diatas muncul sebuah pertanyaan kenapa harus multimedia database? Apa yang mempengaruhi perkembangan dari multimedia database itu sendiri?
Hal-hal yang mempengaruhi perkembangannya adalah sebagai berikut :
  1. Penggunaan komputer yang semakin luas dan kemampuan komputer yang semakin meningkat. Selain itu berkembangnya alat alat teknologi yang bisa menangkap display multimedia seperti handicam,kamera digital, scaner dan lainnya. Ditambah lagi media penyimpanan data yang semakin besar.
  2. Jaringan komunikasi data dengan kecepatan tinggi yang sudah tersedia saat ini.
  3. Semakin banyaknya aplikasi yang berhubungan dengan data multimedia.
Setelah kita mengetahui beberapa tujuan dari pembelajaran multimedia database selanjutnya kita harus tau mengenai contents atau isi dari sebuah multimedia database. Sebuah Multimedia Database (MMDBs) harus mengatur beberapa tipe informasi yang berhubungan dengan Multimedia Data, seperti :
  • Media Data – Aktual data, dapat berupa gambar, audio, vidio yang dicapture, didigitalisasi, diproses, dikompress dan disimpan.
  • Media Format Data – Berisi informasi tentang format dari media data setelah ditambah, diproses dan diencoding. Terdiri dari informasi seperti sampling rate, resolusi, frame rate, encoding sceme dan lain lain.
  • Media Keyword Data – Berisi deskripsi keyword, biasanya berhubungan dengan pembuatan media data. Contohnya sebuah vidio, biasanya memiliki tanggal, waktu dan tempat merekam. Biasanya disebut juga Content Descriptive Data...
Download artikel lengkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar