Searching...

Senin, 13 Agustus 2012

Fuzzy Analytical Hierarchy Process (DSS/AI)

F-AHP merupakan gabungan metode AHP dengan pendekatan konsep fuzzy (Raharjo dkk, 2002). F-AHP menutupi kelemahan yang terdapat pada AHP, yaitu permasalahan terhadap kriteria yang memiliki sifat subjektif lebih banyak. Ketidak pastian bilangan direpresentasikan dengan urutan skala. Untuk menentukan derajat keanggotaan pada F-AHP, digunakan aturan fungsi dalam bentuk bilangan fuzzy segitiga atau Triangular Fuzzy Number (TFN) yang disusun berdasarkan himpunan linguistik. Jadi, bilangan pada tingkat intensitas kepentingan pada AHP ditranformasikan ke dalam himpunan skala TFN. Chang (1996) mendefinisikan nilai intensitas AHP ke dalam skala fuzzy segitiga yaitu membagi tiap himpunan fuzzy dengan 2, kecuali untuk intensitas kepentingan 1. Skala fuzzy segitiga yang digunakan Chang dapat dilihat pada tabel dan gambar berikut
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan pembobotan F-AHP. Pada teori F-AHP yang dikembangkan oleh Chang telah banyak diterapkan dalam penyelesaian beberapa studi kasus, seperti jurnal Kahraman (2004),Hwang(2009). F-AHP teori Chang (1996) Menurut Chang (1996) dalam sebuah jurnal (international journal of science direct), adapun langkah penyelesaian F-AHP adalah: 1.Membuat struktur hirarki masalah yang akan diselesaikan dan menentukan perbandingan matriks berpasangan antar kriteria dengan skala TFN. 2.Menentukan nilai sintesis fuzzy (Si) prioritas. 3.Jika hasil yang diperoleh pada setiap matrik fuzzy, M2 = (l2, m2, u2) ≥ M1 = (l1, m1, u1) dapat didefinisikan sebagai nilai vector. 4.Jika hasil nilai fuzzy lebih besar dari k fuzzy , Mi (i=1,2,...,k) yang dapat didefinisikan sebagai V (M ≥ M1,M2,...,Mk) = V[(M ≥ M1) dan (M ≥ M2) dan ... (M ≥ Mi)] 5.Normalisasi bobot vektor atau nilai prioritas kriteria yang telah diproleh, W= (d(A1), d(A2), ..., d(An))T Dimana W adalah bilangan non-fuzzy.

Sebagai contoh kasus penerapan metode FAHP kedalam suatu sistem pendukung keputusan, anda dapat mendownload Paper Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Teladan menggunakan metode FAHP dengan mengklik link dibawah ini.
Download Paper

Reference: Kahraman, Cengiz, Ufuk Cebeci, dan Da Ruan, ”Multi- Attribute Comparison of Catering Service Companies Using Fuzzy AHP: The Case of Turkey,” International Journal of Production Economics 87, hal.171- 184, 2004.

2 komentar:

  1. Boleh ga saya minta bagaimana langkah-langkah perhitungan fuzzy ahp secara manualnya?
    bingung bnget nih..

    BalasHapus
  2. Kak, sonya,, ya ada gak ya perhitungan manualnya,, di share ya kak,, buat belajar

    BalasHapus