- WEB hanya menyuguhkan informasi tanpa adanya timbal balik terhadap penggunanya, ini adalah era WEB 1.0
- Adanya aktivitas bertukar informasi (sharing) dan saling berkomunikasi antar pengguna, luasnya fasilitas yang disuguhkan oleh WEB merupakan ciri khas dari WEB 2.0
- WEB 3.0 = ???
WEB 2.0 Characteristics
- Web sebagai platform, dimana menjadikan web sebagai tempat bekerja di manapun anda berada.
- Adanya partisipasi dari pengguna dalam berkolaborasi pengetahuan.
- Data menjadi trademark-nya aplikasi.
- Web 2.0 sebagai akhir dari siklus peluncuran produk software.
- Dukungan pada pemrograman yang sederhana dan ide akan web service atau RSS.
- Software tidak lagi terbatas pada perangkat tertentu.
- Adanya kemajuan inovasi pada antar-muka (interface) di sisi pengguna. Dukungan AJAX yang menggabungkan HTML, CSS, Javascript dan XML
- Tim Burners-Lee dan Nova Spivack baru menyebutnya Semantics Web. Namun yang pasti Web 3.0 baru akan berjalan penuh pada rentang tahun 2010 - 2015, bukan saat ini. (Sumber : Nova Spivack)
- Web 3.0 akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut ( howstuffworks.com ) :
- Kecerdasan buatan (artificial intelligence) akan lebih maju di era Web 3.0. Web akan bisa memahami kata per kata yang diketikkan manusia secara kontekstual dalam tahapan tertentu. Contoh : Jika saat ini Anda mengetikkan “Makanan China di Yogyakarta” di Google dan mendapatkan kebanyakan taut (link) yang tidak relevan, di masa Web 3.0 hanya akan ada taut-taut ke restoran makanan China di Kota Yogyakarta.
- Pengggunaan Web di berbagai perangkat bergerak akan lebih luas dan canggih daripada saat ini. Tidak hanya ponsel, jam tangan dan televisi diprediksi akan bisa digunakan untuk mengakses internet.
- Merger antara Web dan bentuk media lain akan terjadi. Malahan, media tradisional akan semakin memanfaatkan internet sebagai salah satu jalur distribusinya. Siaran radio, televisi, dan film layar lebar akan lebih banyak didistribusikan lewat internet ketimbang saat ini.
- Web akan berevolusi dari tampilan dua dimensi ke tiga dimensi. Penggabungan yang apik antara virtual reality dengan massively multiplayer online roleplaying games (MMORPGs). Web akan menjadi dunia maya dalam artian lanskap dan manusianya ada di layar komputer dalam bentuk 3D. Contoh Web 3.0 dengan ciri ini yang sudah ada adalah http://secondlife.com. Mudahnya, jika Anda memiliki akun di Facebook, hanya bisa menampilkan foto dan teks, di http://secondlife.com, Anda memiliki avatar, tentu dengan fasilitas foto dan teks seperti di Facebook. Namun, social networking di sini dilakukan secara 3D. Kita berkenalan, menambah teman, dan berbincang (chatting) layaknya di Facebook dengan cara berjalan di dalam kota dan bertemu dengan avatar lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar